Tips menangani pleci macet di atas gantangan

Keluhan seputar permasalahan burung pleci yang gacor ketika masih di rumah atau di bawah, namun ketika digantang di perlombaan justru macet bunyi hanya loncat-loncat atau mencari kutu pada bulu/didis saja, merupakan problem yang sering dialami pleci mania.

Problem dan keluhan seperti di atas rasanya sering sekali dialami oleh pemain dan penghobi Pleci, bahkan saya sendiri juga mengalaminya. Pleci gacoan saya ketika di rumah ngalas ngeroll hampir tiada henti, ketika dijauhkan dari koloninya. Namun ketika digantang dalam latber, pleci justru diam dan macet bunyi loncat-loncat saja.

sangkar cungkok
Pleci siap lomba
Mencoba share permasalahan di sebuah forum penyuka Pleci, mendapat masukkan dan pencerahan untuk mengatasi problem tersebut. Menurut Sobat penghobi pleci lain, problem tersebut bisa diatasi dengan cara sebagai berikut.

Mengatasi pleci macet di atas gantangan lomba.

  1. Mandikan burung hingga setengah basah siang sebelum berangkat lomba, setelah kering bulunya, burung dikerodong.
  2. Jika ada pasangannya, satukan saja keduanya sampai ke arena lomba.
  3. Sampai arena lomba, burung betina bisa mulai dipisahkan dan kemudian gacoan pejantan bisa diberikan UH putih atau EF lain hingga kenyang.
Selain perawatan dan penanganan di atas, penambahan porsi jalan-jalan dan jam terbang pleci untuk dibawa pada sebuah lomba atau latber juga berperan dalam membentuk mental dan kebiasaan burung Pleci. 

Selain membawa pada sebuah latber, membawa burung untuk dilatih mentalnya juga bisa dengan membawanya ke kios burung yang ramai dan bising. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Sumber foto : grup facebokk pleci mata puteh.

Koleksi foto lainnya:

1 Tanggapan untuk "Tips menangani pleci macet di atas gantangan"

  1. Mantab nih gan. Tambah ilmu jadinya.
    Mampir juga di http://sahabatkicau-an.blogspot.co.id

    BalasHapus