Hindari hal di bawah ini jika Anda memelihara burung madu

Burung madu atau burung kolibri biasa menyebutnya, merupakan burung kecil mungil namun banyak disukai kicaumania karena suara dan kicauannya yang cantik dan enak didengar.

Dengan warna yang mengkilap dan berwarna mencolok menjadikan burung madu pemakan nektar banyak disukai untuk dipelihara di dalam sangkar, meskipun burung tersebut termasuk jenis yang dilindungi oleh pemerintah.

Burung madu
Dengan suara khas berupa cerecetannya, burung madu sering dipelihara untuk tujuan memancing burung lainnya supaya berbunyi juga.

Namun demikian, dalam pemeliharaannya burung madu termasuk burung yang rentan mati dan rentan terserang penyakit juga. Untuk itu, Anda perlu mengetahui benar apa saja yang harus dihindari ketika memelihara burung madu di rumah.

Berikut ini hal yang harus Anda hindari dalam perawatan dan penanganan harian burung kolibri di rumah supaya sehat dan bertahan hidup.
  1. Ganti selalu pakan berupa air susu, madu, air gula atapun kroto dan jangan sampai pakan tersebut dalam kondisi basi atau sampai berjamur masih tetap diberikan dan dibiarkan di dalam sangkar.
  2. Anda perlu was-was ketika mendapati burung madu kesayangan Anda tiba-tiba tidak mau makan kroto lagi.
  3. Jangan jemur terlalu lama burung madu Anda.
  4. Bersihkan selalu sangkar dari kotoran burung, karena kotoran yang dibiarkan terus berpontensi menularkan virus dan bakteri penyakit.
  5. Berikan cepuk besar untuk mandi burung, jangan lakukan pemandian burung menggunakan sprayer air kalaupun terpaksa hanya lakukan beberapa kali saja itupun hanya untuk memancing burung mandi sendiri.
  6. Gantang di tempat yang jauh dari burung liar yang berpotensi menularkan penyakit.
  7. Burung madu termasuk burung yang mudah stress, jadi gantang sangkar yang aman dan jauh dari gangguan hewan predator lain yang bisa membuat burung jadi stress berkepanjangan.
  8. Jika Anda memiliki burung madu lebih dari 1 ekor, gantang berjauhan dan jangan berdempetan karena bisa menjadikan burung justru menjadi stress.
  9. Jangan berikan pakan kroto setiap hari, berikan hanya 1 s/d 2 kali seminggu saja dan pakan utama burung madu hanya berupa nektar saja.
  10. Mengingat burung madu termasuk burung langka dan semakin punah, mari kita pelihara dengan baik dan ikut melestarikan burung madu.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Hindari hal di bawah ini jika Anda memelihara burung madu"

Posting Komentar