Beberapa model tangkringan sangkar Pleci

Bagi teman-teman Pleman, setting model tangkringan dalam sangkar untuk burung pleci merupakan faktor yang bisa mendongkrak kinerja Pleci juga ketika di atas gantangan lomba. Model tangkringan, kayu yang digunakan dan juga diameter kayu dipercaya mampu mendongkrak kinerja Pleci ketika berlomba.

Sembari berkoloni atau mengikuti berbagai lomba burung Pleci, saya mencoba sambil memperhatikan model-model tangkringan sangkar Pleci.
tangkringan pleci
Model tangkringan silang

Adapun yang umum dan sering digunakan oleh Pleci Mania yaitu sebagai berikut.

Model tangkringan huruf T

Model tangkringan ini berbentuk satu buah tangkringan di tengah, kemudian tangkringan satunya berdiri pada tangkringan utama membentuk huruf T ditengah.

Model tangkringan huruf V

Model ini berbentuk, satu tangkringan di tengah bawah, kemudian dua tangkringan di atas diantara tangkringan yang tengah namun sejajar tidak menyilang.

Model tangkringan Tangga.

Model ini satu tangkringan di bawah dan satunya di atas namun dalam posisi sejajar seperti tangga, model ini paling banyak digunakan oleh Pleman.

Model tangkringan silang.

Model tangkringan silang yaitu satu tangkringan di bawah dan satunya di atas namun saling bersilangan/berpotongan tidak sejajar.

Model tangkringan sejajar setengah.

Pada model ini satu tangkringan di bawah dan satunya di atas namun panjang kayu tangkringan hanya setengah dari kayu tangkringan di bawahnya.

Apapun model tangkringannya, pilih kayu terbaik dan pilih juga diameter kayu yang sesuai dengan kaki burung Pleci yang kecil. Biasanya pleci mania sering menggunakan kayu asam yang kering dengan diameter kayu sekitar 0,5 cm saja atau ada juga yang menggunakan kayu pohon perdu dengan diameter sekitar 2-3 mm saja.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Beberapa model tangkringan sangkar Pleci"

Posting Komentar