Menjinakkan kacer bakalan muda hutan

Membeli kacer bakalan tangkapan hutan tentu kita akan mendapati burung dalam kondisi rusak dengan bulu amburadul dan juga burung dalam kondisi yang giras.
Burung bakalan tangkapan hutan biasanya sangat grupak-grupuk ketakutan jika kita dekati sangkarnya, boro-boro mau berbunyi.
kacer muda hutan
Kacer di hutan
Perlu trik dan perawatan tersendiri jika kita membeli bahan Kacer namun merupakan hasil tangkapan dari hutan, yang jelas kita harus sabar karena proses penjinakkan dan adaptasi tentunya membutuhkan waktu dan ketelatenan perawatan.

Berikut ini tips menjinakkan Kacer bahan tangkapan hutan.

  1. Hari pertama burung dibawa pulang, tempatkan terlbih dahulu burung di tempat yang sepi dan tenang selama kira-kira semingguan.
  2. Menjelang selesai proses pengenalan lingkungan yang barunya, burung bisa mulai digantang di tempat ramai namun dengan posisi gantang/cantel yang tinggi.
  3. Turunkan gantangan sangkar di rumah setelah 1 minggu pada gantangan tinggi di tempat ramai, turunkan terus ketinggian setelah 1 minggu pada ketinggian sebelumnya. Lakukan cara tersebut hingga gantangan dalam kondisi ketinggian normal di rumah.
  4. Awal-awal kondisi penjinakkan dan pengenalan burung dengan lingkungan barunya biasanya bulu dan juga bagian hidung burung akan rusak dan terluka.
  5. Sediakan selalu cepuk air untuk minum yang agak besar, cepuk tersebut selain untuk minum juga bisa melatih burung untuk mandi sendiri. Jika burung belum mau mandi sendiri maka bisa dipancing dengan sprayer air.
Interaksi dengan burung juga turut berpengaruh terhadap proses penjinakkan burung, sering-sering lah menyentuh dan mendekati sangkar apalagi jika sedang mengganti pakan dan membersihkan sangkarnya. 

Biasanya burung juga memiliki insting dengan pemiliknya, sehingga lambat laun akan berubah juga perilaku girasnya.

Koleksi foto lainnya:

21 Tanggapan untuk "Menjinakkan kacer bakalan muda hutan"

  1. Sob saya punya kacer bakalan perawatan sudah saya ikutin dr master disini tapi yg bingung kacer tiba tiba diam di tangkringan badan membesar mata tertutup itu kenapa ya.. sebelumnya hal serupa dialami sahabat saya dan berahir dengan kematian pada kacernya mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Mas.Wowo, saya bukan master kok..ini tulisan saya dapat dari sumber teman" penyuka burung juga. Menurut mereka yang sudah mencoba, bisa jadi burung sakit karena stress berat dengan kondisi sangkar yang jauh berbeda dengan alam bebas. Atau bisa juga Kacer bakalan hasil tangkapan dengan cara dipancing, sehingga lehernya infeksi kena pancing dan berakhir dengan kematian.

      Hapus
  2. Kira2 kalo untuk tarung bagus kacer jinak atau kacer giras??
    Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jinak-jinak lalat Om.Zie, karena terlalu jinak kurang baik dan terlalu giras gerabagan juga jelek.

      Hapus
  3. Pengalaman ane klau beli kacer bahan seleksi dulu mental dan tingkat strez burung ane kasih jangkrik pakai lidi klau mau nyamber tuh burung mental bagus dan dijamin 2 minggu jinak lalat memang agak cape sih pas di tukang burungnya musti ngelidiin jangkrik 1 per satu.untuk penjinakan hampir semua metode sampai kerodong gantang tmpat rame tp ane punya trik khusus kerodong 2 hari buka setengah 1 hari buka full tp kerodong biarkan diatas kandang karna rmh ane daerahnya sepi jd ane titip di pos security. Hanya cara pemula bos...

    BalasHapus
  4. Mau nanya. Lebih mudah mana melihara kacer atau murai mas. Saya baru beli murai. 3 hari udah mati. Cara yg bner adptasi murai gmana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya lbh mudah Kacer Mas, kalau Murai dewasa tangkapan hutan memang rentan stress dan juga mati..cara adaptasi Murai bisa Mas baca di mediaburung.com "meminimalisir stress pada Murai tangkapan hutan".

      Hapus
  5. Iya mas. Murai saya yg kemaren mati baru belin3 hari mati. Haha. Skrng baru beli kacer lg mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga kurang tertarik kalau liat penjual murai tangkapan hutan yang keliling pake mobil, takutnya dah mahal malahan mati..sayang duitnya ya..hehehe

      Hapus
  6. Mas aku punya kacer bakalan di dekat mulutnya bolong kena pancing cara mengobatinya apa y tapi burungnya sehat dan makan lahap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau makan lahap, coba dibelikan vitamin burung Mas..ya minimal buat antibody tubuh biar nggak terserang infeksi..

      Hapus
  7. Mas gimana ya caranya biar kacer muda hutan cepet jinak lalat .. Punya saya nggak jinak jinak pakek metode di atas tuu tetep saja giras

    BalasHapus
  8. Maaf sedikit masukan, cara mengajari makan vor lebih cepat , hari pertama kasi makan kroto aja, hari kedua kroto dikit aja campur sama vor ayam yg dibasahi air, lakukan pagi dan sore, hari ke 3 kasi vor ayam basah, hari keempat kasi vor ayam kering, hari kelima masih vor ayam kering, hari ketijuh baru bisa tambahkan extrafood dll. Dlm penjinkn, mandi 3 kali, pagi siang malam, posisikan dekat tv kira2 2 meter kalau perlu tv on pagi of malam. Insya 2 minggu jinak lalat , baru stel kacer, 3 bulan insya sudah tarung .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tips dan pengalaman yang bermanfaat, terima kasih masukkannya Mas.Totok..semoga bermanfaat buat kicau mania yang lain..silahkan jika teman-teman punya tips lain, bisa dituliskan disini.

      Hapus
  9. Mas jinakan kacer dgn pola mandi 3 hari sekali dgn kondisi hidung terluka ga apa apa tuh?

    BalasHapus
  10. Mas mau tanya nih,,,kalo misalnya pagi dan siang di full krodong trus pake krodong tipis,,, trus di gantang di keramaian kira" jarak ke tanah 2 meter itu bagus gak mas...
    Makasih sarannya..

    BalasHapus
  11. Saya punya kacer juga muda hutan, kalo di tempatkan di tempat ramai udah gak negitu giras, tp kalo sangkarnya di pegang girasnya minta ampun. Solusi biar gak begitu giras gimana ya? Makasih informasinya.

    BalasHapus
  12. Saya punya kacer juga muda hutan, kalo di tempatkan di tempat ramai udah gak negitu giras, tp kalo sangkarnya di pegang girasnya minta ampun. Solusi biar gak begitu giras gimana ya? Makasih informasinya.

    BalasHapus
  13. Kacer ku seminggu udah nyambar jangkrik di tangan.dan seminggu pula udah ngevoer.awal aku ajari anak ku makan voer dengan voer lembut sama ulet hongkon.sampai terpantau dia makan voer.hehe

    BalasHapus
  14. Kacer beli pertama mati karena infeksi gk bisa nelan makan

    BalasHapus