Perawatan harian burung lovebird

Burung lovebird merupakan burung yang suka menggerat kayu, jadi untuk kandang yang tepat untuk lovebird gunakanlah jenis kandang yang memiliki jeruji dari besi atau kawat. Biasanya lovebird dimasukkan dalam kandang besi bundar memanjang atau kandang kotak besar jika akan dijodohkan.

Kandang untuk lovebird pilihlah jeruji besinya yang aman dan bersih, atau akan lebih baik jika sudah dicat dan bersih, mengingat lovebird senang sekali merambat pada jari-jari sangkar dengan cara menggigit jeruji sangkar. Jadi jika jeruji sangkar tidak bersih bisa mengakibatkan burung terkena racun dari besi.
lovebird
Lovebird

Pakan untuk lovebird.

Pemberian pakan untuk lovebird usahakan cukup variatif dan selalu tercukupi kebutuhan gizi, nutrisi, vitamin dan juga kebutuhan mineralnya. Pakan yang baik dan menunjang kesehatan burung yaitu jenis pakan yang mengandung protein, karbohidrat dan juga vitamin-vitamin seperti A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain vitamin tersebut, pakan juga perlu mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HC1, Folic Acid sedangkan zat-zat tersebut biasanya sudah terkandung di dalam vitamin B.
sangkar lovebird
Mayoritas menggunakan model sangkar besi bulat untuk lovebird
Selain vitamin dan zat-zat esensial di atas, kebutuhan akan mineral juga dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi untuk perkembangan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, syaraf, semua fungsi sistem pembuluh darah dan lainnya.

Adapun mineral yang dibutuhkan untuk lovebird adalah berupa calcium, phospor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium. Dikutip dari blog omkicau.

Makanan harian yang cocok untuk lovebird.

  • Mix biji-bijian, pakan jenis biji-bijian yang sudah dimix/dicampur ini mudah kita dapatkan di pasar-pasar atau kios burung.
  • Sayuran segar, berikan juga sayuran segar sebagai tambahan pakan di sangkar karena LB sangat menyukai jenis pakan sayuran seperti jagung muda, sawi hijau, kangkung, sawi putih dll.
  • Asinan sebagai tambahan pakan untuk kalsium bisa dengan memberikan kulit sotong di dalam sangkarnya.
  • Sebagai pakan tambahan berupa EF bisa dengan memberi Biji bunga matahari, kedelai, kacang merahm kacang hijau dan lainnya dengan jenis pakan biji-bijian.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Perawatan harian burung lovebird"

Posting Komentar