Kegunaan beberapa buah untuk Pleci

Sobat kicau mania penyuka burung Pleci tentu sering memberikan beberapa buah seperti pisang, tomat, pear, apel, mentimun dan pepaya untuk burung Pleci kesayangannya, tapi tahukan sobat Pleman tentang tujuan dan manfaat masing-masing buah tersebut bagi burung Pleci jagoan Anda.

Tentu kita juga perlu mengetahui masing-masing manfaat buah-buahan tersebut untuk Pleci, sehingga pemberian buah bisa tepat dan benar sesuai dengan kondisi dan mood burung. 

buah untuk burung, pleci
Aneka buah-buahan segar
Artikel ini saya dapat dari forum-forum burung dan saya rangkum kembali agar lebih mudah dibaca dan semoga ada manfaat baiknya bagi Sobat Pleci Mania.

Manfaat dan efek buah di bawah ini bagi Pleci.

  • Tomat, sering digunakan untuk meredam dan menurunkan birahi pleci jika berlebihan, beberapa Pleman biasa memberikan sedikit tomat menjelang lomba untuk menstabilkan birahi Pleci.
  • Apel, beberapa Pleci mania memberikan apel supaya burung lebih bersemangat dan lebih rajin berbunyi ketika di atas gantangan lomba, biasa diberikan pada hari lomba.
  • Gambas atau oyong, digunakan untuk diet atau mengkuruskan burung pleci. Oyong sering digunakan untuk mempercepat ganti bulu dan saya sendiri sudah membuktikan, pleci kesayangan saya bulu-bulu lamanya rontok pasca mengkonsumsi buah gambas.
  • Pisang, Pleci mania sering memberikan pisang sebagai pakan tambahan yang bertujuan supaya burung lebih kenyang menjelang naik kontes lomba, pisang bisa dijadikan EF karena mengandung zat besi.
  • Pear, sering diberikan pada pleci agar suara Pleci lebih jernih dan juga buah tersebut bisa membantu menurunkan birahi pleci setelah dinaikkan menjelang lomba. Biasanya pear diberikan 2 hari setelah lomba.
  • Mentimun,  diberikan pada Pleci supaya burung lebih tenang dan bisa menetralisir birahi burung pleci setelah lomba.
  • Pepaya, buah tersebut bisa melancarkan metabolisme dan sistem pencernaan burung. Berikan pepaya pada Pleci 2 hari berturut-turut setelah lomba.
Demikian, ulasan tentang manfaat dan efek masing-masing buah untuk Pleci. Semoga bisa bermanfaat dan juga sebagai gambaran sobat Pleman dalam memberikan buah-buahan supaya disesuaikan dengan kondisi burung.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Kegunaan beberapa buah untuk Pleci"

Posting Komentar