Perawatan harian burung kacer

Memiliki burung kacer untuk lomba memerlukan perawatan harian khusus, mengingat kita perlu memperhatikan kesehatan, mental burung, emosi dan juga birahi burung.
Problem yang sering dialami oleh kacer mania adalah ketika di atas gantangan burung menjadi diam dan mbagong saja, problem mbagong memang merupakan salah satu sifat burung kacer baik kacer poci atau kacer hitam.
kacer, poci
Kacer poci/dada putih
Burung kacer mbagong menurut para master kacer, biasanya banyak disebabkan oleh kurangnya mental dan stamina burung ketika digantang.

Jika Anda kebetulan membeli kacer jadi dan merupakan kacer petarung, akan lebih baik jika rawatan harian mengikuti rawatan harian pemilik sebelumnya dan kita hanya tinggal menambahkan kekurangannya saja.

Perawatan pokok untuk harian pada burung kacer jika melihat rawatan kacer mania senior biasanya menekankan pada beberapa aspek perawatan yang meliputi hal di bawah ini :
  1. Perlunya memahami benar karakter burung Kacer milik kita.
  2. Pakan berupa extra fooding, tangkringan, pakan, mandi, umbaran dan jemur juga merupakan perawatan pokok harian kacer.
  3. Dan perawatan menjelang naik lomba, atau biasa setting lomba merupakan hal penting yang terkait dengan mood dan karakter burung.

Perawatan harian Kacer.

Penjemuran kacer.

  1. Lakukan penjemuran pada burung Kacer rutin setiap hari, hal tersebut supaya burung memiliki kesehatan yang lebih fit dan juga tarikan nafas yang lebih panjang. Lama penjemuran untuk setiap harinya juga perlu ditambah supaya fisik burung lebih baik.
  2. Penjemuran pada minggu pertama, lakukan kira-kira 2 jam penjemuran.
  3. Minggu kedua, lakukan penjemuran dengan menambah durasi 30 menit dari minggu sebelumnya.
  4. Lakukan cara tersebut secara berkelanjutan sampai burung tidak membuka mulutnya.
  5. Dalam proses penjemuran, lepas semua pakan yang tersedia dalam sangkar dan setelah proses penjemuran selesai burung kemudian dianginkan di tempat yang teduh.
  6. Selesai penjemuran dan dalam keadaan burung dianginkan di tempat yang teduh, ketika burung sudah tidak mangap lagi, maka saatnya memasukkan pakan voer saja terlebih dahulu, voer kering dimasukkan supaya ketika burung memakan voer maka lendir di tenggorokan akan terbawa masuk bersama voer kering yang dimakan.
  7. Setelah beberapa menit, sekitar 15 menit voer diberikan maka saatnya memasukkan minuman Kacer ke dalam sangkarnya, jika ada untuk minuman akan lebih baik jika diberikan minuman larutan penyegar, namun larutan penyegar harus habis hari itu juga dan jangan digunakan untuk esok harinya.

Mandi burung.

  • Lakukan perawatan mandi burung kacer secara rutin, karena mandi selain untuk membersihkan bulu-bulu burung. Mandi juga bisa untuk menurunkan birahi dan juga emosi burung, jadi melatih memandikan kacer akan lebih baik secara rutin dan terjadwal minimal 1x dalam sehari.
  • Jika kacer Anda sering mbagong, coba mandikan kacer pada malam hari menggunakan air dingin.

Pakan dan Ekstra Fooding.

  • Buah-buahan, berikan banyak dan rutin pakan buah-buahan pada burung Kacer seperti buah Pepaya, Apel atau Pisang. Pemberian buah-buahan selain bagus untuk pencernaan, juga bisa menstabilkan birahi burung Kacer.
  • Jangkrik, merupakan pakan hewani yang bisa meningkatkan birahi dan juga power suara burung Kacer. Pada penerapannya, Jangkrik jangan terlalu banyak diberikan pada burung, biasakan berikan 3 s/d 4 ekor saja dalam sehari. Cara pemberian Jangkrik bisa sekaligus atau bisa juga diberikan 2 kali yaitu pagi dan sore.
  • Pakan lain, selain pakan hewani Jangkrik, Anda juga bisa memberikan pakan hewani lain berupa Kroto, Cacing tanah, Ulat Bambu dan juga Ulat Hongkong.

Kandang untuk Kacer.

Pilih kadang sesuai kantong kita tentunya, namun pilihlah kandang yang kuat dan kokoh serta pilih kandang yang mudah dalam pembersihan kotorannya di bawah.

Kandang Kacer harus selalu bersih dan dibersihkan setiap hari agar burung dalam kondisi sehat terus dan terbebas dari kutu maupun jamur yang diakibatkan kotoran yang menumpuk.

Jadi pemilihan kandang yang mudah dibersihkan kotorannya di bawah akan juga membantu kita sehari-hari ketika membersihkan kotoran burung Kacer.

Ukuran kandang burung Kacer yang lazim dan sering dipakai yaitu ukuran, 40x40x75cm atau ada juga yang menggunakan ukuran 40x45x75cm.

Sedangkan model tangkringan sangkar ada yang menggunakan 2 sejajar bertingkat dan ada juga yang menggunakan 2 bersilang, bahan kayu yang sering digunakan yaitu kayu pohon asam kasar.

Koleksi foto lainnya:

1 Tanggapan untuk "Perawatan harian burung kacer"