Perawatan burung kenari anakan

Jika Sobat Kicau mania merupakan peternak baru burung kenari tentu akan sedikit bimbang bagaimana merawat kenari ketika masih anakan dan lolohan, antara diloloh sendiri atau diloloh oleh indukannya.

Kedua cara sebenarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun sama-sama bagus dan bisa diterapkan jika Anda memiliki burung Kenari yang baru saja ditetaskan atau masih lolohan.
anakan burung kenari
Anakan kenari ombyokan
Berikut ini tips perawatan anakan kenari dari mulai menetas hingga bisa terbang, menurut Kicau mania yang sudah lama berkecimpung dalam dunia Kenari.
  1. Ketika telur baru saja menetas, konsentrasi kita tentu adalah pada mempertahankan piyikan Kenari agar sehat dan bisa tumbuh berkembang hingga bisa terbang, biasanya peternak kenari akan membiarkan indukan betina meloloh dan merawat piyikan Kenari hingga kira-kira 2 mingguan di dalam sangkar untuk meloloh.
  2. Setelah 2 mingguan indukan betina bersama piyikan Kenari untuk meloloh, maka waktunya untuk memisahkan Betina dari anakan untuk disapih, anakan piyikan akan ditemani oleh pejantan kenari. Semasa betina sudah dipisah dari piyik Kenari, maka waktunya kenari Betina untuk dipulihkan agar bisa kembali dijodohkan.
  3. Menjelang usia anakan kenari pada 20-25 hari, burung sudah mulai belajar terbang dan pada masa ini kita harus benar-benar memperhatikan karena kondisi tersebut berbahaya jika burung belajar terbang dan jatuh bisa berakibat pada kematian atau cacat.
  4. Ketika usia anakan sudah sekitar 3 mingguan, maka burung anakan sudah bisa dipisahkan dengan induk pejantannya, anakan sudah bisa dicampur dengan anakan hasil ternak lainnya namun dalam 1 sangkar gabungan akan lebih baik jika jumlahnya jangan melebihi 5 ekor agar burung bisa lebih leluasa belajar terbang dan juga makanan tidak terlalu berebut.
  5. Pada usia satu bulanan biasanya burung sudah mulai bisa memakan biji-bijian, namun jika dirasa anakan belum bisa memakan biji-bijian maka pakan berupa bubur bayi masih bisa kita berikan sampai burung mau dan bisa memakan biji-bijian.
Breeding kenari merupakan breeding burung yang cukup mudah karena kenari termasuk burung ternakan sehingga mudah sekali beradaptasi dengan manusia. Kenari mudah sekali birahi dan sangat cepat bereproduksi, hanya saja kegagalan yang sering dialami oleh peternak pemula adalah dari proses telur hingga penetasan yang sering gagal dan kalaupun menetas ada juga yang piyikan justru mati.

Namun mencoba dan terus mencoba serta rajin bertanya dan belajar pasti akan menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang cara beternak kenari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Perawatan burung kenari anakan"

Posting Komentar