Supaya pleci monty mempunyai mental lomba

Pertanyaan seputar Pleci jenis montanus atau biasa disebut monty yang cukup umum dan sering ditanyakan yaitu seputar mempersiapkan mental pleci monty supaya ketika di atas gantangan lomba bisa jalan dan berkicau nagen.

Jenis pleci monty memang cukup banyak disukai oleh penyuka burung kacamata, selain harga masih cukup terjangkau, pleci montanus juga berpostur tubuh lebih besar dibanding jenis dakun macok atau dakun maput dan buxtomi biasa.

montanus, pleci gunung, monty
Pleci gunung atau montanus
Pleci monty memiliki ciri bagian dada putih abu-abu dengan badan lebih besar dan panjang hampir sama dengan jenis auriventer. Karena badan dan postur lebih besar, menjadikan pleci montanus memiliki kicauan yang lebih keras dan lantang dibanding jenis dakun biasa yang lebih kecil posturnya.

Montanus memiliki kekurangan yaitu burung lebih terkesan agresif dan cukup membutuhkan kesabaran untuk bisa menjinakkan burung tersebut hingga siap diadu di atas gantangan lomba. Beberapa kicau mania penyuka pleci monty biasa memperlakukan khusus supaya montanus mau dan bisa bersifat lebih tenang dan tidak takut pada manusia, dan syukur bisa nagen ketika berkicau di atas gantangan.

Berikut ini tips yang dilakukan monty mania untuk menjadikan burung lebih jinak dan tenang.

  • Biasakan menggantang sangkar di tempat yang rendah dan banyak dilallui oleh orang.
  • Sering membawa jalan-jalan sore ke rumah teman atau ke kios-kios burung yang ramai, dalam perjalanan membawanya juga tanpa kerodong atau tutup sangkar.
  • Memberi untulan, ada juga monty mania yang sengaja memasukkan burung pleci dakun sebagai untulan ke dalam sangkar monty. Jika monty terlihat mengejar-ngejar dakun dan mengusirnya, hal tersebut menandakan burung sudah mulai tumbuh mentalnya. Pada tahap tersebut jika burung dakun sudah dikejar-kejar terus maka segera dipisah dan masukkan ke dalam sangkar sendiri namun posisi sangkar dijejer mepet supaya monty bisa tumbuh mentalnya melihat dakun untulan tersebut.
Menurut Pleci mania penyuka jenis monty, cara ketiga dirasa cukup berhasil dan montanus terlihat semakin gacor dan ketika diikutkan lomba dalam kelas dakun, montanus cukup efektif berkicau dan bisa nagen di atas gantangan.

Sumber foto : grup facebook montanus united

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Supaya pleci monty mempunyai mental lomba"

Posting Komentar