Perawatan ciblek bakalan tangkapan hutan

Membeli burung Ciblek bakalan anakan beresiko mati jika tidak bisa merawatnya, sedangkan membeli Ciblek dewasa tangkapan hutan membutuhkan perawatan khusus dan ketelatenan agar burung bisa mau makan voer dan burung ciblek bisa menjadi jinak.

Harga Ciblek bakalan tangkapan hutan memang jauh lebih murah dibanding ciblek anakan, namun kita harus rajin dan telaten dalam perawatannya, karena jika salah dalam perawatan ciblek tangkapan hutan juga bisa menjadi stress atau bahkan mati.

ciblek kebun
Ciblek liar di hutan
Jika Anda kebetulan baru membeli burung Ciblek bakalan tangkapan hutan dewasa atau muda, Anda bisa mencoba cara di bawah ini untuk perawatannya.

Perawatan burung ciblek bakalan tangkapan hutan.

  1. Sebagai langkah awal yaitu dengan memperkenalkan burung pada habitat barunya berupa lingkungan manusia dan sangkarnya. Masukkan ciblek dalam sangkar kotak dengan full kerodong selama 3 hari berturut-turut, selama masa full kerodong ketersediaan pakan berupa kroto dan minuman harus selalu terkontrol dan tersedia.
  2. Setelah masa pengkerodongan untuk mengenalkan burung pada tempat pakan dan sangkarnya berhasil, selanjutnya waktunya melatih burung dengan pakan kering berupa voer. Pemberian voer bisa dicampur dengan komposisi kroto : voer sebagai berikut : H1 75%:25%, H2-3 50%:50%, H4-5 25%:75%. Pemberian pakan tersebut diberikan pada pagi hari dan sore hari, hasil apakah burung mau memakan voer atau tidak dapat kita amati dari kotoran/feses burung jika sudah coklat berwarna voer berarti burung sudah mau memakan voer.
  3. Pada tahapan selanjutnya ketika burung sudah mulai mau memakan voer, maka kroto bisa mulai kita selang-seling dengan ulat hongkong yang berwarna putih. Pada tahapan ini, pakan kroto bisa kita berikan 2 atau 3 hari sekali namun pakan EF berupa UH atau jangkrik kecil harus rutin kita berikan agar burung tidak drop karena hanya memakan voer kering saja.
Cara perawatan di atas menurut beberapa teman Ciblek mania, jika rutin dilakukan maka dalam waktu 3 atau 4 bulan burung sudah mulai mau berkicau, untuk proses penjinakkan juga bisa sambil dilakukan pada tahap-tahap awal perawatan ciblek bakalan tangkapan hutan. Proses penjinakkan ciblek bisa Anda baca di cara menjinakkan ciblek bakalan.

Ingat Sobat kicau mania, pemberian kroto, UH dan serangga kecil-kecil sangat menentukan performa harian Ciblek jadi meskipun burung sudah mau memakan voer, untuk pemberian kroto dan EF lain tetap harus diberikan setiap harinya.

Koleksi foto lainnya:

1 Tanggapan untuk "Perawatan ciblek bakalan tangkapan hutan"

  1. Gimana ya gan cara ngebedain ciblek muda sm yg sudah berumur?

    BalasHapus