Cara menjinakkan burung ciblek

Membeli burung ciblek bakalan tangkapan hutan memang beresiko burung giras dan tidak jinak, beda halnya ketika kita membeli burung ciblek masih anakan sehingga lebih mudah dalam proses penjinakkannya.
Semua burung pada dasarnya ketika kita rawat dalam sangkar akan bisa menjadi jinak, namun semuanya tentu membutuhkan waktu dan proses untuk seekor burung bisa jinak terhadap kita.
ciblek, menjinakkan ciblek
Ciblek sudah jinak
Burung Ciblek termasuk burung yang bisa untuk kita jinakkan, namun untuk menjinakkan Ciblek kita memerlukan trik dan pelatihan pada Ciblek agar burung bisa berubah jinak dan tidak terlalu giras. Pada artikel ini, tips burung mencoba memberikan masukkan pada Sobat Kicau Mania bagaimana caranya menjinakkan burung Ciblek agar tidak terlalu giras ketika sangkarnya kita dekati.

Menjinakkan Ciblek hasil tangkapan hutan tentu berbeda dibanding dengan menjinakkan burung-burung jenis Lovebird, Parkit atau Kakatua, karena burung jenis-jenis paruh bengkok memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda dibandingkan Ciblek.

Namun demikian, dalam proses penjinakkannya, pelatihan dan terapi yang diberikan masih tetap sama yaitu dengan cara memandikan burung hingga benar-benar basah dan bulu burung menjadi lepek basah tidak bisa terbang. Memandikannya bisa dengan cara disemprot dengan sprayer menggunakan air yang dicampur sampo burung atau sampo bayi, dengan cara tersebut bulu burung akan lebih cepat basah kuyup dan air tidak kalis/licin.

Ketika burung sudah dalam kondisi basah kuyup dan terlihat sulit untuk terbang, maka saat itu kita bisa memasukkan tangan ke dalam sangkar untuk sekedar mengganti pakan, minuma atau sesekali mengelus kepala burung. Atau bisa juga saat memasukkan tangan ke dalam sangkar sambil menyodorkan ulat hongkong yang berwarna putih, coba perhatikan burung mau menyambar atau tidak.

Cara tersebut di atas bisa Anda lakukan secara rutin dan teratur, atau jika Anda ingin proses penjinakkan berjalan cepat maka proses pemandian burung bisa dilakukan 2x dalam sehari.

Dalam proses penjemuran pun bisa kita lakukan di tanah dan pada tempat yang banyak dilewati orang, sehingga burung akan terbiasa dengan lingkungan barunya.

Lakukan proses dan pelatihan di atas secara rutin dan kontinu, sehingga pelatihan penjinakkan pada Ciblek bisa berjalan lebih cepat dan burung cepat jinak juga. Selamat mencob dan semoga bermanfaat.

Koleksi foto lainnya:

1 Tanggapan untuk "Cara menjinakkan burung ciblek"