Kenali kode wadah plastik bekas untuk menyimpan makanan burung

Menyimpan makanan burung seperti minuman buatan atau voer kering ternyata harus memperhatikan wadah plastik yang kita gunakan, mengingat tidak semua wadah plastik bekas aman dan boleh digunakan untuk berulang kali.

Untuk mengetahui wadah-wadah plastik bekas boleh digunakan sampai berkali-kali biasanya di bawah wadah plastik tersebut terdapat kode-kode yang menjelaskan plastik bisa digunakan ulang atau tidak.

Kode pada kemasan plastik
Berikut ini kode-kode dalam kemasan plastik yang perlu sobat kicau mania ketahui juga, jika akan menggunakan wadah plastik bekas sebagai penyimpan pakan burung di rumah.

PET atau PETE

Kode tersebut memiliki pengertian Polyethylene terephthalate, artinya botol tersebut hanya boleh digunakan 1 kali saja karena botol jika digunakan sampai 2 kali lebih berpotensi memancarkan logam berat Antimoni.

HDP atau HDPE

Plastik atau botol plastik dengan kode tersebut memberikan arahan bahwa plastik jenis tersebut baik dan aman digunakan sampai berkali-kali atau diulang.

PVC atau 3V

Polyvinyl cloride sangat berbahaya jika Anda memakainya sampai berulang-ulang, karena plastik jenis PVC memancarkan kimia beracun yang bisa mempengaruhi hormon dalam tubuh manusia atau burung.

LDPE

Low Density Polyethylene, plastik jenis ini biasanya digunakan untuk membuat berbagai jenis kantung plastik dan tidak menyebabkan resiko apapun bagi kesehatan manusia atau mahluk hidup pada umumnya.

PP

Polypopylene, plastik dengan kode PP ini banyak digunakan untuk kemasan makanan seperti sirup atau yogurt. Jenis plastik dengan kode PP aman digunakan berulang dan tidak beresiko bagi kesehatan.

PS

PS atau Polystyrene merupakan jenis plastik yang berbahaya jika digunakan sampai berulang-ulang karena plastik dengan kode PS ini memancarkan karsinogen yang berbahaya untuk kesehatan. Plastik jenis ini biasanya banyak digunakan sebagai pembungkus makanan.

PC atau Polycarbonate.

Plastik jenis Polycarbonate merupakan plastik yang paling jelek jika digunakan sebagai bungkus makanan, karena PC mengandung Bisphenol A atau BPA yang bisa menimbulkan masalah pada endoktrin mahluk hidup jika tertelan ke dalam pencernaan.

Jadi ketika kicau mania akan membungkus makanan burung atau menyimpan makanan kering seperti voer atau minuman burung buatan sendiri alangkah baiknya jika kita melihat kode yang terdapat pada botol plastik yang akan kita gunakan, apakah aman dan baik bagi kesehatan burung atau tidak.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Kenali kode wadah plastik bekas untuk menyimpan makanan burung"

Posting Komentar