Lima cara merawat pleci untuk pemula

Perawatan dasar burung pleci untuk pemula berikut ini bisa Anda simak jika Sobat Pleci mania baru saja ingin mencoba memelihara dan memiliki Pleci.
Mengingat booming burung Pleci kali ini cukup mengembirakan, sehingga banyak Kicau Mania yang semula kurang menyukai Pleci menjadi ikut mencoba memelihara burung kecil dengan kaca mata putih pada matanya ini.

Hal yang banyak disukai oleh Pleci mania untuk memelihara Pleci yaitu selain murah, Pleci juga sangat mudah dalam perawatan dan pakannya. Kicauan burung Pleci juga sangat menyenangkan jika sudah bisa ngeriwik, ngeroll dan bisa ngalas dengan lagu isian. Memang ketika kita menyaksikan dan melihat langsung Pleci kualitas lomba dengan isian sudah bermcam-macam pastinya Anda akan terkesima dan takjub dengan burung tersebut.
Pleci memakan apel
Harga seekor Pleci pun jika sudah memiliki kualitas lomba dan dengan kicau isian bermacam-macam bisa berharga fantastis meskipun burungnya kecil dan mungil, transfer/adopsi lokal yang saya ikuti diantara teman-teman Pleci mania, transfer/adopsi di tingkat lokal bisa tembus pada harga 5 juta Rupiah. Fantastis bukan, mengingat bakalan Pleci bisa kita dapatkan dengan harga saat ini hanya sekitar 30 s/d 40rb.

Merawat burung Pleci bisa dikatakan mudah namun juga bisa dibilang susah, karena kita harus telaten dan bisa membuat burung menjadi sehat dan nyaman sehingga burung akan jadi rajin berbunyi dan lincah. Ada beberapa tips dasar perawatan Pleci yang perlu Sobat ketahui untuk membuat Pleci sehat dan bisa rajin berkicau setiap harinya, berikut ini caranya !

Pakan untuk Pleci

Pakan untuk Pleci sebenarnya cukup mudah, bisa kita berikan pakan harian berupa pisang kepok putih dengan cara dipotong menjadi 2 bagian dan 1 bagian bisa simpan untuk esok harinya.

Selain pisang, Anda juga bisa berikan buah-buahan lain seperti Apel, Pepaya, Sawo atau Jambu biji yang sudah masak. Pakan lain selain buah juga bisa kita berikan Voer halus dan serangga seperti kroto dan Ulat Hongkong sebagai EF.

Minum untuk Pleci

Sediakan 1 cepuk air bersih dan selalu ganti air setiap harinya supaya air yang tersedia selalu bersih dan sehat untuk diminum burung.

Beberapa Sobat Pleci Mania biasa mengganti air minum dalam cepuk sangkar Pleci bisa 2 s/d 3 kali sehari.

Mandi rutin.

Memandikan Pleci harus dilakukan rutin setiap hari, hal tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan bulu serta menjaga kelembaban dan suhu tubuh burung.

Jika Pleci sudah mau mandi sendiri, lebih baik sediakan saja cepuk air minum agak besar sehingga burung bisa mandi sendiri dalam cepuk.

Penjemuran rutin.

Selain pemandian Pleci secara rutin, penjemuran juga harus dilakukan setiap hari 1 s/d 2 jam sehari tergantung cuaca.

Penjemuran bertujuan supaya burung bisa terkena hangatnya sinar matahari yang banyak mengandung Vitamin D dan Ultraviolet, selain itu jika burung dalam kondisi lesu dengan bulu menggelembung jika dilakukan penjemuran menjadikan burung menjadi lincah dan sehat kembali.

Demikian perawatan dasar burung Pleci yang bisa Anda coba terapkan sendiri di rumah, semoga bermanfaat dan berguna untuk Sobat Pleci mania dimanapun berada.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Lima cara merawat pleci untuk pemula"

Posting Komentar