Supaya pleci bisa ngalas keras isian

Memiliki burung pleci yang bisa memiliki suara ngalas keras/kencang dengan variasi lagu dan keluar isian merupakan idola dan mimpi setiap pemilik burung Pleci.
Memang Pleci terlihat kualitas dan volume suaranya ketika sedang ngalas kenceng, biasanya jika pleci sudah ngalas keras menjadikan suara kicau pleci menjadi dominan dan tembus dalam sebuah arena lomba.

Namun suara ngalas standar saja saat ini tidak cukup untuk bisa memenangi sebuah lomba burung Pleci, juri lebih menilai pada Pleci dengan suara ngalas isian dan tembus sehingga mampu menarik perhatian juri lomba.
pleci ngalas, isian
Pleci ngalas
Untuk membuat burung Pleci bisa memiliki suara ngalas dengan aneka variasi isian tentu bukan hal mudah dan butuh kesabaran dan ketelatenan perawatan dan pemasteran tentunya, Anda juga harus mengenal terlebih dahulu tahapan burung Pleci dari awal hingga bisa menjadi ngalas keras dengan aneka variasi lagu isian. Berikut ini tahapan Pleci untuk bisa sampai menjadi ngalas dengan isian.
  1. Tahapan pertama ketika masih muda dan bakalan, Pleci hanya bersuara ciw..ciw..ciw saja. Belum bisa dipastikan berkelamin jantan atau betina.
  2. Terpantau ngeriwik, ketika mendapati burung sudah mulai ngeriwik menandakan burung berkelamin jantan.
  3. Ngeriwik kasar, ketika burung pleci sudah mulai ngeriwik kasara berarti burung sudah memiliki keberanian dan sedikit mental.
  4. Ngalas standar, menandakan burung sudah mulai birahi melihat burung betina dan mulai memiliki keberanian untuk mengintimidasi pleci lain.
  5. Ngalas variasi, jika Sobat mendapati burung sudah ngalas dengan variasi ngalasnya maka Sobat bisa berbangga memiliki burung istimewa dengan variasi tembakan meskipun belum lengkap dan cenderung diulang-ulang.
  6. Ngeroll buka paruh, burung dengan kualitas baik biasanya bisa menyanyikan berbagai lagu isian dengan ngeroll buka paruh dan juga volume yang keras. Biasanya diakhir ngerollnya akan diselingi dengan tembakan-tembakan.
  7. Ngalas ngeroll dan buka paruh, merupakan gabungan ngalas lalu ngeroll dengan gaya teler dan buka paruh. Dalam kondisi tersebut biasanya badan pleci akan bergetar dengan sayap turun ke bawah dan terlihat seperti teler.

Bagaimana supaya Pleci bisa ngalas isian.

  1. Untuk bisa menjadikan Pleci berkualitas dengan suara tembakan saat ngalas dengan variasi lagu dan isian macam-macam, maka Sobat perlu perhatikan hal-hal di bawah ini :
  2. Pemilihan bahan yang bagus dan berkualitas, jangan beli bahan asal jantan dan bunyi standar melainkan beli dan pilih bahan yang sudah memiliki sedikit isian lagu.
  3. Rajin memaster burung dengan suara-suara burung lain yang mudah ditirukan oleh Pleci, seperti suara kenari, kolibri dll..baca cara memaster pleci
  4. Burung pleci sering diajak jalan-jalan dan gantang di kios-kios burung dengan kondisi bising dan ramai agar tembakan pleci bisa keras dan tembus.
  5. Perawatan harian, mandi jemur serta pelatihan fisik pada kandang umbaran juga dipercaya mampu meningkatkan fisik, stamina dan juga pernafasan burung untuk bisa ngalas dan ngeroll panjang dan konsisten ketika di atas gantangan.
Membaca dari beberapa hal di atas, saran penulis tetap utamakan kualitas volume burung Pleci supaya tembakan dan ngalasnya bisa tembus dan tentunya dilirik oleh juri lomba, Salam kicau untuk Sobat Pleci mania. Semoga bermanfaat.

Koleksi foto lainnya:

13 Tanggapan untuk "Supaya pleci bisa ngalas keras isian"

  1. Ok om, saya coba dulu pada pleci bahan saya...

    http://linkstudiodesign.com/project-apartment-studio-Semanggi.html

    BalasHapus
  2. Makanan buat burung pleci yg bgus.

    BalasHapus
  3. om, mohon bantuannya pleci saya sebelumnya ngerol dengan durasi lumayan tpi saat usai mabung kok malah kendor ngalas hanya saat pagi saja selebihnya hanya ngriwik kasar, mohon pencerahannya om trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba porsi UH diberi 10 pagi dan 10 sore, beri UH yang putih. Rajin diembunkan dan gantang sangkar di ketinggian "dikerek" atau dipohon tinggi Om.

      Hapus
  4. Cara mengobati burung pleci yg serak/ hilang suara gmna ya Om? Dan obat yg mujarab apa ya ? Thx..

    BalasHapus
  5. sangat membantu apalagi jika ditambah cara pemasteran yang baik pasti lebih keren

    BalasHapus
  6. Om gmna cara agar pleci bahan mau ngeriwik..

    BalasHapus
  7. Om biar ngalas isian gimna itu ya

    BalasHapus
  8. Om mau tanya biar pleci saya ngalas ngerol gmna ya coz pleci saya cuma ngeluarin suara tembakan saja,mohon pencerahanya

    BalasHapus
  9. Om mau tanya biar pleci saya ngalas ngerol gmna ya coz pleci saya cuma ngeluarin suara tembakan saja,mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau setau saya, temen-temen pada rajin memaster pake tembakan burung lain yang hampir sekarakter dengan tembakan pleci.

      Setelah itu tinggal setting birahinya supaya burung bisa nembak-nembak isian.

      Hapus
  10. Bsa mnta rekomendasi masteran burung apa aja gan?

    BalasHapus