Membedakan jenis kelamin dan perawatan Cucak Kombo

Sebenarnya sudah cukup lama mengenal burung Cucak Kombo di pasar-pasar burung, namun belum tertarik waktu itu karena merasa belum cukup telaten untuk memelihara burung jenis pemakan sari-sari madu.

Burung Cucak Kombo atau bisa juga disebut Kecial Kombo merupakan burung jenis penghisap madu dan masih dalam keluarga nectarinideae, burung jenis penghisap madu merupakan jenis burung yang dilindungi oleh pemerintah mengingat burung tersebut sangat diperlukan untuk membantu proses pembuahan dan penyerbukan pada tanaman.

cucak kombo, kecial kombo
Cucak Kombo
Dalam kesehariannya di alam bebas, Cucak Kombo biasa mengkonsumsi nectar atau sari bunga-bunga kemudian juga memakan serangga-serangga kecil-kecil seperti lalat, kroto, semut dan ulat-ulat kecil.

Di alam bebas, Cucak Kombo hidup di hutan-hutan rindang seperti hutan bakau, hutan lebat, daerah perkebunan kelapa dan menyukai daerah-daerah dekat dengan sumber air.

Dalam berkembang biak, Cucak Kombo memilih menyimpan sangkarnya di pohon-pohon pakis atau pohon dengan dedaunan rindang pada ketinggian kurang lebih 5 mtr dari tanah. Sangkar burung Cucak Kombo biasanya berbentuk cawan bulat berbahan rerumputan kering dan bulu-bulu halus.

Membedakan jenis kelamin burung Cucak Kombo.

Membedakan jenis kelamin burung Kecial Kombo memang bukan perkara yang mudah dan gampang, mengingat ciri dan warna bulu antara jantan dan betina hampir mirip menjadikan kita kesulitan untuk membedakan jenis kelaminnya.

Namun ada sedikit tips yang bisa dijadikan patokan untuk membedakan jenis kelamin Burung Cucak Kombo.
  • Betina Cucak Kombo, pada bagian bawah perut dan paruhnya terdapat garis kuning sedangkan bagian punggungnya memiliki warna cenderung lebih dominan kekuningan.
  • Burung Jantan, dipercaya memiliki postur tubuh lebih besar dibandingkan dengan betinanya, namun hal tersebut tidak bisa dijadikan patokan mutlak jika kita tidak menyediakan pembandingnya.

Perawatan harian Cucak Kombo.

Seperti sudah disebutkan di atas, bahwa burung Kecial Kombo merupakan jenis burung pemakan sari bunga, madu-maduan dan serangga kecil-kecil.

Jika Sobat sudah terlanjur memiliki dan ingin memeliharanya di dalam sangkar, maka pakan yang dianjurkan yaitu berupa air gula,air susu, madu-maduan. Serangga bisa Sobat Kicau Mania berikan juga seperti Kroto, Ulat Hongkong dan lain sebagainya.

Untuk pemberian air gula, madu atau air susu sebaiknya setiap hari pada pagi hari disarankan selalu diganti dengan yang baru. Mengingat air gula, air susu atau madu jika dibiarkan dalam kondisi terbuka akan cepat basi dan tentunya tidak baik dikonsumsi lagi oleh burung.

Selain air gula, air susu dan madu yang harus selalu diganti setiap pagi, kroto dan ulat hongkong juga lebih baik selalu diberikan setiap hari agar burung tercukupi gizinya dan tidak lemas hanya memakan air gula saja.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Membedakan jenis kelamin dan perawatan Cucak Kombo"

Posting Komentar