Tahapan menyiapkan burung pleci untuk lomba

Mempersiapkan burung Pleci untuk dibawa pada sebuah kompetisi atau lomba membutuhkan proses dan tahapan, sehingga burung jagoan pun yang baru saja dibeli apalagi pleci ombyokan tidak bisa langsung dibawa ke sebuah perlombaan dan berharap bisa tampil atau mampu bersaing dengan Pleci lainnya.

Jika kita memaksakan burung bakalan atau burung yang belum terlatih dan dipersiapkan untuk sebuah kompetisi hanya akan membuat burung semakin terpuruk dan tentunya membuat pemiliknya kecewa berat, kekecewaan yang terulang-ulang tersebut yang sering menjadikan Pleci mania menjadi patah arang dan enggan membawa burung jagoannya ke arena lomba.

auriventer, sangkar cungkok
Persiapankan mental pleci sebelum dibawa pada lomba
Menurut senior-senior pemain Pleci, sekalipun kita membeli burung jadi dan siap tempur, kita tetap harus mempersiapkan tahapannya terlebih dahulu sebelum kita membawanya ke arena lomba. Berikut ini tahapan-tahapan mempersiapkan burung Pleci baru untuk dibawa pada arena perlombaan.

  1. Ketika baru sampai rumah, berikan pakan voer kering dengan vitamin burung penambah stamina dan EF selama 3 s/d 4 hari perlakuan khusus tersebut.
  2. Tempatkan Pleci baru kita sebagai pemimpin koloni di rumah kita, dengan cara jauhkan terlebih dahulu pejantan pleci pemimpin koloni sebelumnya yang cukup dominan dalam koloni di rumah kita. Lihat perilaku burung jagoan kita diantara koloni barunya, jika ada yang dirasa cukup mengganggu bisa dijauhkan terlebih dahulu agar jagoan Pleci kita bisa menguasai koloni barunya, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan mentalnya.
  3. Segera berikan atau carikan Pleci betina untuk jagoan baru milik kita, jika Pleci jantan didampingkan dengan betina maka hal tersebut mampu meningkatkan mood dan karakter petarung jagoan kita. Karena burung pleci bukan jenis burung petarung dan berjenis koloni, jadi untuk meningkatkan karakter tempurnya di gantangan bisa dengan menyediakan Pleci betina yang bisa dianalogikan sebagai bahan Pleci mempertahankan jodohnya sehingga menjadi bersifat petarung dengan Pleci jantan lainnya. Baca cara memilih betina yang cocok untuk Pleci kita.
  4. Lakukan perawatan rutin pada jagoan baru kita, misal penjemuran, pemberian EF, jadwal rutin diikutkan perlombaan dan  juga kapan Pleci akan digabungkan dengan betinannya serta waktu untuk dipisahkan dengan betinannya. Perlakuan rutin dan terulang menjadikan insting burung juga akan lebih terpoles dan terlatih, karakter dan sikap petarungnya akan lebih terasah jika burung sudah memiliki koloni dan siklus perawatan yang terjadwal.
  5. Karakter burung akan dapat kita pahami jika kita terbiasa dengan perawatan yang teratur dan rutin, kita lebih mudah mengatur setelan burung ketika akan naik gantangan lomba.
Untuk lebih mudah jika Anda membeli burung jadi dan siap lomba, Anda bisa menanyakan rawatan rutin dan sifat burung tersebut sebagai cara agar perawatan tidak berbeda jauh dengan pemilik sebelumnya. 

Setting model tengkrengan dan sangkar juga akan lebih baik tidak dirubah juga, maka akan lebih baik jika membeli burung jagoan bisa langsung dengan sangkarnya.

 

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Tahapan menyiapkan burung pleci untuk lomba"

Posting Komentar