Supaya pleci bisa ngotot dan buka paruh

Problem burung pleci yang hanya ngeriwik dan ngeroll saja ketika di atas gantangan lomba juga merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh Pleman pemain burung Pleci.
Masalah lain yang sering juga dialami ketika membawa pleci di lomba yaitu, burung ketika di bawah atau di rumah ngotot berbunyi namun ketika di atas gantangan justru diam. Problem tersebut juga sebelumnya sudah pernah saya tulis di blog ini.
burung pleci, macok
Burung pleci dakun macok
Pada artikel ini tips burung akan mengupas dan memberi tips mengenai perawatan Pleci yang di gantangan kurang ngotot dan belum buka paruh, hanya ngeriwik di tenggorokan saja sehingga suaranya tidak tembus didengar juri lomba.

Menurut masukan dari Sobat-sobat Pleman pemain burung Pleci, cara atau problem tersebut bisa diatasi dengan perawatan sebagai berikut.
  1. Problem tersebut biasanya disebabkan oleh banyaknya lendir di tenggorokan burung, untuk mengurangi lendirnya dan diharapkan burung bisa tampil ngotot dan bukpar bisa dilakukan dengan :
  2. Menjemur burung dengan melepas semua cepuk pakan, jemur dengan cara kerodong sangkar setengah bagian.
  3. Biarkan burung dijemur hingga buka paruh/mangap, setelah bukpar karena kepanasan baru masukkan pakan berupa voer saja terlebih dahulu selama 10-15 menit.
  4. Voer dimasukkan terlebih dahulu supaya burung makan voer dan lendir dileher terbawa voer ketika dimakan, baru setelah itu cepuk air bisa dimasukkan.
Lakukan cara tersebut ketika burung sedang macet bunyi atau hanya ngeriwik ngeroll saja namun kurang ngotot, jangan lakukan setiap hari namun cukup 2x dalam seminggu saja. Semoga bermanfaat.

Koleksi foto lainnya:

8 Tanggapan untuk "Supaya pleci bisa ngotot dan buka paruh"

  1. Sangat bermanfaat... Persis pleci ane jg kyk gt om.akan ane coba om.

    BalasHapus
  2. tips dong biar gak ngriwik abadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya tek belikan teman Mas..trs dikasih metabolis seminggu sekali..pengembunan dipisah biar kepancing ngalas..atau bisa juga dipisah terus diputerin audio pleci ombyokan..cukup efektif juga lho jadi ngeroll.

      Hapus
    2. makasih atas ilmunya mas cz selama ini pleci sya cuma ngeriwik heeee

      Hapus
  3. pengembunan pagi secara terpisah jauh & tidak saling melihat satu sama lain, buar saut-sautan ...

    BalasHapus
  4. Kalo malem didempetin lalu pagi di pisahin. Usahakan pleci berjauhan biarpun saling liat, namun birahi pleci akan meningkat seketika. Metode ini udah saya buktiin sendiri, dan hasilnya manjur. Jangan lupa kasih UH sebelum digantantang.

    BalasHapus
  5. makasih master...
    tips di atas berdasarkan pengalaman ato bukan?

    BalasHapus
  6. Kalau malem di koloni berarti jangan di kerodong ya om

    BalasHapus