Penyebab rontoknya warna putih pada lingkar mata Pleci


Pernahkah Sobat mengalami lingkaran putih pada mata Pleci rontok satu-persatu dan lama-kelamaan hilang ?, tentu Anda akan kebingungan jika mengalami masalah tersebut.
Bagaimanapun lingkaran warna putih pada mata burung Pleci selain sebagai ciri khas burung Pleci, lingkaran tersebut juga ikut mempercantik burung Pleci momongan Anda.


Hilangnya warna putih pada lingkar mata Pleci bukannya tanpa sebab, tetapi hal tersebut bisa jadi disebabkan oleh beberapa faktor yang menjadikan warna putih yang menyerupai cat itu lepas sedikit demi sedikit. Mari kita ketahui penyebabnya di bawah ini, sumber dari penghobi Pleci di forum Pleci mania.

Penyebab lingkar mata pleci rontok.

Lepasnya warna putih pada bagian alis mata burung Pleci bisa disebabkan karena burung akan memasuki masa mabung atau sedang dalam kondisi mabung. Selain memasuki masa mabung, penyebab lain lepasnya warna putih pada lingkaran mata Pleci bisa diakibatkan kalah mental dari burung Pleci lainnya. 

Jika Anda mengalami kejadian tersebut, pencegahannya bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Merawat pleci yang rontok lingkar matanya.


  • Jika burung kalah mental, jauhkan burung dari lainnya atau kerodong sangkarnya untuk sementara waktu.
  • Karena akan memasuki masa mabung, maka intensitas mandi burung bisa ditambahkan menjadi 2 atau 3 kali dalam sehari.
  • Tambah sedikit porsi pemberian pakan yang mengandung protein hewani seperti UH putih atau kroto sedikit jika burung mau memakan kroto.
  • Kerodonglah sangkar burung tersebut menjelang sore hari hingga esok pagi harinya.

Coba perawatan tersebut sampai dengan kondisi burung menjadi pulih seperti sebelumnya, jika warna putih masih rontok hingga habis, biarkan saja dan tunggu hingga tumbuh kembali seperti sebelumnya.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab rontoknya warna putih pada lingkar mata Pleci"

Posting Komentar