Tahapan cara menjodohkan pleci untuk ternak


Tren beternak burung pleci kacamata sepertinya sedang mewabah di kalangan pleci mania tanah air, pencarian artikel cara penjodohan burung Pleci cukup populer di mesin pencarian seperti google.
Untuk menjodohkan jantan dan betina burung Pleci, menurut pleman yang sudah terlebih dahulu sukses menangkar Pleci memang membutuhkan trik dan kesabaran.

Pleci jika sudah jodoh biasanya saling gigit seperti gbr di atas
Demikian halnya dengan Om. Agil V Houten Z, punggawa voer 220 Volt ini berbagi tulisan di grup 220 volt di facebook tentang tahapan dan cara menjodohkan sepasang burung Pleci yang akan dibreeding. 

Memerlukan tahapan, trik dan kesabaran untuk memasangkan jantan dan betina Pleci supaya bisa berjodoh dan bertelur. Bagaimanakah caranya ?, simak uraiannya di bawah ini :

Tahap dan cara penjodohan sepasang burung Pleci untuk diternak.


  1. Siapkan burung Pleci jantan dan betina, pastikan benar jenis kelaminnya dan pilih usia 4 bulan ke atas.
  2. Gantang jejer rapat kedua sangkar burung jantan dan betina yang akan dijodohkan, meskipun dalam koloni kecil di rumah Anda.
  3. Ketika terlihat ada saling kecocokan, coba jauhkan sangkar kedua burung hingga tidak bisa saling melihat, tetapi masih bisa mendengar suaranya.
  4. Jika burung ada kecocokan, biasanya burung akan saling memanggil dan saling sahut bunyinya.
  5. Saat penjemuran sekalipun, tetap jejerkan rapat kedua sangkar burung yang sedang dijodohkan tersebut.
  6. Pakan yang diberikan selama masa penjodohan, usahakan selalu berikan pakan berprotein tinggi seperti kroto dan uh sebagai asupannya.
  7. Ketika burung terlihat sudah saling cocok, penyatuan di dalam satu sangkar bisa coba dilakukan selama 3 hingga 6 hari, perhatikan keduanya apakah bisa saling cocok atau justru berkelahi. Jika saling patuk berkelahi, coba pisahkan lagi beberapa hari.
  8. Jika selama penyatuan beberapa hari sudah terjadi kecocokan, dan calon indukan sudah mulai mencari bahan membuat sarang, maka perbanyak pakan-pakan seperti kroto dan uh untuk mendongkrak birahi burung untuk mempercepat proses reproduksinya.

Dalam masa penjodohan dalam kandang yang sudah disatukan, sesekali pisahkan kedua burung agar burung semakin lebih mencari pasangannya ketika dipisahkan. Proses pemisahan ini bertujuan supaya burung semakin cepat birahi dan terangsang bereproduksi ketika disatukan kembali.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Tahapan cara menjodohkan pleci untuk ternak"

Posting Komentar