Mempersiapkan sepasang Pleci untuk diternak


Sepasang calon indukan adalah kunci wajib jika Anda ingin beternak burung jenis apapun, seperti halnya breeding burung Pleci. Burung Pleci jantan dan betina yang siap dijodohkan harus kita persiapkan matang bersama dengan persiapan lainnya seperti sarang dan sangkar yang akan digunakan beternak.

Persiapan indukan Pleci yang baik dan siap ternak akan berperan signifikan terhadap suksesi breeding burung Pleci. 
Memilih pleci untuk ternak dalam ombyokan
Karena untuk menjodohkan sepasang burung Pleci bukanlah asal memasangkan 2 ekor burung jantan dan betina, namun jika Anda inging berhasil dalam beternak, persiapan yang matang calon indukan sangat menentukan hasil nantinya.

Dan untuk lebih jelasnya dalam mempersiapkan calon induk Pleci yang akan dijodohkan, silahkan simak referensinya di bawah ini.

  • Pilih dan pastikan kedua burung calon indukan merupakan burung jantan dan betina.
  • Burung yang sehat dengan gerak-gerik lincah adalah prioritas pemilihan indukan Pleci yang akan dibreeding.
  • Pilih burung dengan usia 4 s/d 9 bulan, pada usia tersebut burung Pleci sudah siap kawin.
  • Jangan lakukan penyilangan perjodohan, jadi ketika menjodohkan pleci, lakukan pada dua ekor burung dengan jenis yang sama, misal auriventer dengan auriventer.
  • Jika ada, pilihlah burung jantan yang berprestasi dan bagus, indukan jantan yang bagus biasanya berdampak pada anakan burung keturunannya.
  • Berikan pakan alami berkualitas baik, seperti kroto bersih, UH putih dan buah-buahan yang selalu terjaga kesegarannya.
  • Jangan dulu beri makanan atau minuman campuran dari obat-obatan pada burung yang akan dikawinkan, cukup beri pakan-pakan alami saja dan perbanyak kroto atau UH, buah apel dsb.
  • Menghindari pemberian pakan kimiawi untuk mengurangi menurunnya organ reproduksi pada burung yang bisa berdampak pada proses reproduksinya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Mempersiapkan sepasang Pleci untuk diternak"

Posting Komentar