Komposisi pakan untuk trucukan supaya lebih rajin bunyi


Burung trucukan yang masih dalam kerabat burung cucak-cucakan, juga menyukai pakan seperti buah-buahan dan juga serangga seperti burung yang masih sekerabat dalam keluarga Pycnonotidae.
Dalam kesehariannya di alam liar, pakan-pakan berupa buah-buahan dan serangga merupakan pakan wajib yang dicari trucukan sehari-hari. Tetapi jika trucukan berada dalam sangkar rumahan, ada juga pakan tambahan yang bisa menjadi variasi pakan hariannya supaya burung menjadi rajin bunyi. Apa saja pakan tambahan tersebut ?, berikut ulasannya.

pakan trucukan, trucukan rajin bunyi
Trucukan
Keinginan memiliki trucukan yang rajin bunyi, ngeropel dan garudaan adalah keinginan impian yang wajar diinginkan oleh trucukan mania. Bunyi ngeropel dan ngerol yang mirip dengan bunyi Cucak Rowo, menjadikan suara trucukan bisa dikatakan harga kaki lima suara bintang lima..hehehe, bener kan..!

Untuk memiliki trucukan yang rajin bunyi hingga ngeropel, komposisi perawatan berupa mandi jemur dan juga pakan yang variatif adalah hal wajib dalam perawatan hariannya, menurut penyuka burung trucukan. Untuk mandi dan jemur mungkin bukan hal yang asing dan mudah dilakukan, sedangkan pakan yang baik untuk memancing trucukan rajin bunyi apa saja ?. Berikut ini uraiannya

Buah dan sayuran

Trucukan sangat menyukai buah-buahan dan sayuran yang empuk dan mengandung air. Buah yang baik diberikan pada trucukan bisa berupa buah pepaya, pisang kepok putih “jangan terlalu matang”, mangga dan buah lain yang manis tapi mengandung air.

Sedangkan sayuran yang bisa Anda berikan pada trucukan adalah gambas atau oyong, trucukan sangat menyukai gambas karena tekstur daging gambas yang empuk tapi agak manis.

Serangga

Seperti dijelaskan di atas, burung dari keluarga cucak-cucakan menyukai buah-buahan dan serangga. Jadi jika trucukan Anda ingin rajin bunyi dan ngeropel, berikan pakan tambahan berupa serangga rutin pagi dan sore.

Pakan serangga yang bisa diberikan pada trucukan bisa UH, Jangkrik atau Ulat bumbung, perpaduan buah dan serangga dipercaya sangat signifikan mendongkrak performa trucukan untuk rajin bunyi dan tidak malas.

Voer

Pakan kering berupa voer merupakan pakan wajib dan umum yang selalu tersedia di dalam sangkar burung trucukan, selain praktis, pakan voer juga bisa menjadi pakan laternatif ketika pakan buah dan serangga sedang tidak sempat kita beli.

Pilih dan berikan voer dengan kandungan protein yang tinggi untuk trucukan, biasanya voer yang mengandung protein tinggi adalah voer lele dan juga voer ayam. 

Anda bisa memberikan campuran pakan tambahan pada voer tersebut berupa rebusan telur yang dilebutkan kemudian dicampur ke dalam voer atau menambahkan tepung kacang kedelai, tepung udang dan tepung daging ke dalam voer biasa.

Pemberian pakan yang berkualitas dan bergizi dipercaya bisa meningkatkan performa dan juga kesehatan burung, sehingga burung akan lebih rajin bunyi dan mengeluarkan suara ropelannya.

Jangan lupa juga untuk selalu melakukan pengembunan rutin pada pagi hari, udara yang segar dan juga suara burung liar yang ramai akan cepat merangsang trucukan untuk bunyi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Komposisi pakan untuk trucukan supaya lebih rajin bunyi"

Posting Komentar