Racikan mengkudu, jahe dan gula merah untuk doping Pleci


Membicarakan minuman-minuman berupa nektar buatan untuk burung Pleci  memang seperti nggak ada habisnya, mulai dari minuman berbahan dasar minuman energi hingga minuman pleci berbahan dasar alami.

Salah satunya yang akan saya tulis kali ini adalah minuman doping untuk Pleci yang berbahan dasar dari buah mengkudu sebagai pendongkrak stamina Pleci.

Buah mengkudu selain buahnya bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis pengobatan baik pada manusia atau hewan seperti burung, rebusan daun mengkudu ternyata juga baik untuk diberikan pada burung atau manusia sebagai obat.

Tetapi kali ini, tipburung hanya membahas minuman racikan berupa nektar buatan untuk burung Pleci yang berbahan mengkudu, jahe dan gula merah atau lebih baik gula aren. Berikut ini cara membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan


  • Mengkudu matang 2 buah, bersihkan dan potong menjadi 2 atau 4 bagian.
  • Gula merah sebesar baterai 2 buah juga, iris tipis-tipis.
  • 2 ruas jahe kira-kira sebesar jari telunjuk, digeprek lebih baik.
  • Air bersih 600 ml.

Cara membuatnya


  1. Rebus kesemua bahan di dalam panci bersih hingga gula merah larut dan rebusan menjadi berwarna, rebus hingga benar-benar mendidih.
  2. Setelah rebusan dirasa matang dan semua bahan larut, dinginkan larutan tersebut untuk kemudian disaring untuk membuang ampas-ampasnya.
  3. Berikan pada burung, minuman nektar tersebut dalam kondisi sudah bersih dan tersaring tanpa ampas bahan-bahan pembuatan.

Cara pemberian pada Pleci

Setiap Pleman berbeda cara memberikan nektar buatan tersebut, ada yang langsung memberikan nektar buatan tersebut dalam cepuk kecil. Ada juga yang memberikannya dicampur air supaya tidak terlalu kental.

Ada juga yang masih menambahkan satu atau dua tetes vitamin burung supaya minuman semakin efektif bekerja pada Pleci yang meminumnya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Racikan mengkudu, jahe dan gula merah untuk doping Pleci"

Posting Komentar