Memilih dan merawat burung Jalak rio


Burung Rio-rio, sekilas terlihat seperti burung dari jenis finch, karena paruhnya yang berukuran besar menyerupai burung-burung dari keluarga finch. Burung Rio-rio ternyata justru merupakan burung dari keluarga Jalak-jalakan, burung ini biasa disebut juga burung Jalak rio.

Jalak rio memiliki nama Inggris Finch billed myna, memiliki nama finch karena seperti tadi dijelaskan di atas bahwa burung ini memiliki paruh yang menyerupai burung finch. 
Burung rio-rio atau Jalak rio, foto omkicau
Burung yang berasal dari Sulawesi ini, biasanya dipelihara hanya sebagai kesenangan di rumah-rumah untuk dinikmati suaranya. Selain sebagai peliharaan di rumah, Jalak rio juga ada yang memanfaatkan sebagai burung masteran.

Penyebaran

Jalak rio-rio disebutkan berasal dari Pulau Sulawesi, tetapi burung dengan warna abu-abu tua dengan paruh berwarna jingga pucat tersebut juga bisa ditemui di Pulau Bangka, Lembeh, Togean, Butung dan juga kepulauan Banggai.

Di habitatnya, biasanya Jalak Rio hidup dalam kelompok-kelompok kecil dan besar hingga 140 ekor setiap kelompoknya. Menghuni hutan dengan lingkungan yang jarang ditumbuhi pepohonan pada ketinggian 1100 meter DPL, Jalak Rio biasa mencari makan berupa buah-buahan, bebijian dan juga serangga di habitatnya tersebut. 

Membedakan Jalak rio jantan dan betina 

Untuk cara membedakan burung Jalak rio ini tergolong mudah dilakukan, caranya dengan melihat bulu pada pangkal ekornya. Jalak rio jantan akan memiliki warna bulu merah terang pada pangkal ekornya, sedangkan yang betina warna bulu pada pangkal ekornya berwarna merah orange.

Perawatan harian Jalak rio

Seperti disebutkan di atas, bahwa pakan Jalak rio ketika di habitatnya yaitu buah-buahan, bebijian dan juga serangga. Jadi untuk pakan harian di dalam sangkar bisa mudah kita berikan yaitu berupa buah-buahan bisa pisang atau pepaya.

Sedangkan untuk serangga, Anda bisa berikan Jangkrik pagi dan sore dengan porsi antara 3 – 5 ekor sekali pemberiannya. Perawatan mandi dan penjemuran juga perlu dilakukan pada pagi harinya.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Memilih dan merawat burung Jalak rio"

Posting Komentar