Campuran voer dengan tahu putih, bikin pleci makin oye


Tahu atau ada yang menyebutnya Tofu, merupakan salah satu makanan berbahan dasar kedelai yang cukup favorit di kalangan masyarakat kita.
Namun selain digemari manusia, Tahu juga bisa dan ternyata baik juga untuk diberikan sebagai pakan pada ternak maupun unggas burung kicauan, termasuk burung Pleci.
Pleci dalam sangkar Cungkok
Pemberian tahu untuk Pleci menurut Pleci mania dianggap bisa membuat burung makin aktif, rajin bunyi dan juga bisa mendongkrak Pleci cepat ngeplong keras.

Kandungan nutrisi pada Tahu

Seperti kita ketahui, Tahu merupakan makanan yang berbahan dasar kedelai, cara pembuatannya dengan mengendapkan perasan biji kedelai dan membuatnya mengalami proses koagulasi. Tahu sendiri berasal dari Tiongkok dan bernama asli Tauhu yang artinya kedelai yang terfermentasi.

Pada Tahu kita akan mendapati kandungan mineral seperti Kalsium, besi, Magnesium, Fosfor, Seng dan Kalium. Sedangkan vitamin yang terkandung pada Tahu meliputi Vit D, A, B6, C, Thiamin, Riboflavin, Niasin dan Asam Folat. Jadi selain kandungan mineral dan vitamin yang tersebut di atas, Tahu juga termasuk makanan rendah kalori namun tinggi akan protein.

Oleh karena kandungan vitamin dan mineralnya yang kaya, Tahu sering dijadikan pakan tambahan untuk ternak unggas maupun burung kicauan seperti Pleci. Teksturnya yang halus dan mudah dicerna namun kaya vitamin dan mineral, membuat Tahu dipercaya bisa membantu menambah asupan gizi dan vitamin untuk burung Pleci.

Tahu yang baik untuk Pleci

Tahu seperti apa yang baik diberikan pada Pleci ?. Tahu-tahu yang dijual dipasar adalah sebenarnya merupakan tahu sudah direbus dan sudah matang, namun untuk lebih baiknya, belilah tahu yang masih baru, belum berlendir dan masih segar. Pilih jenis tahu putih yang orisinil, bukan jenis tahu goreng.

Cara pemberian pada pleci

Untuk cara pemberiannya pada burung Pleci, bisa dilakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan cara sebagai berikut.

  • Potong kecil sebesar ujung ibu jari kita, kemudian letakkan di dalam cepuk pakan terpisah, karena empuk dan lunak biasanya burung mau memakannya langsung.
  • Cara kedua bisa dilakukan dengan cara dilembutkan dengan sendok bersih hingga halus agak kasar, kemudian dicampur/diaduk bersama voer harian Pleci.

Saran, ganti/buang tahu yang tidak habis setiap sore. Karena tahu jika dibiarkan terbuka sampai esok harinya akan mudah basi dan mengeluarkan bau yang kurang sedap. Lebih baik ganti setipa harinya, jika Tahu diberikan sebagai pakan tambahan setiap hari.

Semoga bermanfaat


Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Campuran voer dengan tahu putih, bikin pleci makin oye"

Posting Komentar