Perawatan harian untuk si mungil kolibri ninja


Meskipun berukuran munggil kecil dengan paruh yang kecil menyerupai jarum pada ujungnya, burung maduan yang biasa disebut oleh penggemar burung dengan sebutan kolibri ninja ini memiliki suara yang cukup keras dan enak didengarkan.

Hingga kolibri ninja yang semula kurang dilirik oleh penggemar burung kicauan menjadi berharga fantastis dan banyak diburung oleh penyuka burung kicauan munggil. 


Si munggil dengan warna hitam kehijau-hijauan ini sebenarnya jenis burung madu bakau dengan nama latin Nectarinia calcostetha.

Perbedaan jantan dan betina kolibri ninja

Untuk membedakan jenis kelamin burung madu bakau ini tergolong cukup mudah, karena burung jantan dan betina memiliki perbedaan yang sangat mencolok pada warna bulunya ketika sudah dewasa.
Betina warna kusam, jantan hitam eksotik mengkilap
Burung jantan pada punggungnya hingga ekor berwarna hitam kehijau-hijauan, sedangkan warna bulu dadanya berwarna ungu dan ada juga yang berwarna merah maron. Sedangkan burung betinanya berwarna abu-abu pada kepalanya, punggung berwarna hijau zaitun, bagian perut berwarna kuning kusam agak abu-abu juga. 

Peliharalah burung jantan

Jika Anda ingin menikmati kicauan burung kolibri ninja di rumah, beli dan pilihlah burung yang berjenis kelamin jantan. Karena kolibri ninja berjenis kelamin jantan memiliki suara kicauan yang lebih variatif dan memiliki sifat fighter jika dijejerkan dengan burung konin jantan lainnya.

Pakan dan kebiasaan di alam bebas

Kolibri ninja atau sesuai namanya Nectarinia calcostetha, merupakan jenis burung penghisap cairan nectar di bebungaan. Selain nectar, konin juga menyukai makanan berupa serangga kecil-kecil. 

Jadi ketika Anda ingin merawat burung kolibri ninja di rumah, penyediaan pakan yang sesuai dengan kebiasaannya di alam bebas merupakan hal yang wajib dan harus supaya burung dapat hidup sehat di dalam sangkar.

Berikut ini cara perawatan dan pakan harian untuk kolibri ninja


  1. Pagi hari, jika sempat sekitar pukul 05:30 burung diembunkan sampai matahari bersinar dan dilanjutkan dengan penjemuran secukupnya saja.
  2. Jika memungkinkan dan burung dalam keadaan sehat, setelah pengembunan dan masih dalam penjemuran, burung disemprot dengan sprayer untuk mandi.
  3. Setelah penyemprotan, biarkan burung dijemur hingga kering sekitar 30-60 menitan.
  4. Sembari penjemuran, burung bisa diberikan pakan berupa kroto segar dan bersih sedikit saja, kira-kira seujung sendok teh.
  5. Air gula, nectar atau madu untuk burung sebisa mungkin diganti setiap hari, cairan manis tersebut jika terlalu lama dalam tempat terbuka sangat rentan dengan jamur sehingga berbahaya jika sampai diminum burung.
  6. Selesai penjemuran, burung bisa digantung di tempat yang sejuk di dalam rumah atau teras-teras rumah yang aman sampai sore hari.
  7. Sore harinya, burung bisa dikerodong hingga esok harinya pagi hari.

Selain hal-hal di atas dan cara perawatan burung kolibri ninja, perlu kita ketahui bersama bahwa burung jenis maduan ini merupakan jenis burung yang dilindungi oleh pemerintah melalui PP no. 7/1999. 

Burung maduan dilindungi karena burung tersebut sangat berperan dalam penyerbukan tanaman, sehingga jika sampai terjadi kepunahan pada burung maduan, ekosistem dan reproduksi tanaman di hutan juga akan terganggu.

Koleksi foto lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Perawatan harian untuk si mungil kolibri ninja"

Posting Komentar